Berwirausaha? Siapa takut..!!


Saya sangat prihatin melihat banyak mahasiswa yang membuang waktu ketika masa aktif kuliah mereka. Main kesana kemari, menghabiskan waktu dengan bermain PS (Play Station) di kamar kos, pergi ke tempat-tempat yang menyenangkan… ahhhh…. bosan melihatnya. Saya sendiri sempat mengalami hal serupa di masa awal kuliah, namun lama-lama kebosanan mulai mampir, dalam benak saya berfikir apakah tidak ada hal lain yang lebih bermanfaat dan menghasilkan selain melakukan ini?

Yang ada di pikiran saya waktu itu adalah saya harus berwirausaha untuk menghasilkan sesuatu serta menyalurkan kreatifitas saya. Tapi dari mana saya harus memulai? Bukankah saya tidak punya sesuatu untuk dijual? Modal juga ngga punya? Terus bagaimana yaaa?. Dalam masa berfikir tersebut saya mulai mengidentifikasi hal-hal yang dibutuhkan untuk menuju kesana (untuk berwirausaha), yaitu :
  1. Memilih Bidang Usaha 
  2. Menguasai Kemampuan Teknis (Technical Skill)
  3. Memiliki Modal Usaha
  4. Menghasilkan Produk dan Portfolio
  5. Melakukan Pemasaran (marketing)
  6. Ber Doa…. ehhhmmm :) ini yang tak kalah penting…
Saya yakin membutuhkan waktu yang lama untuk mewujudkan hal diatas, namun keinginan kuat tersebut harus selalu dipupuk, karena sebagai pemuda tentu saja sifat angin-anginan selalu ada. Lantas bagaimana untuk mewujudkan kebutuhan-kebutuhan diatas dengan segala keterbatasan yang ada?

Memilih Bidang Usaha, dari dulu saya selalu bekerja maksimal untuk sesuatu hal yang saya sukai, hobi saya adalah otak-atik aplikasi komputer khususnya multimedia. Nah, hobby inilah yang nantinya akan saya kembangkan untuk dapat menghasilkan uang. Berwirausaha dengan berbasis hobby akan lebih mudah dibandingkan apabila kita harus belajar sesuatu hal yang baru, yang kita belum tahu sebelumnya. Lebih spesifik lagi bidang usaha saya nantinya adalah menjual jasa di bidang desain web, multimedia interaktif dan macem-macemnya :) Kenapa dibidang jasa? Karena Anda tidak akan butuh modal banyak untuk berusaha dibanding menjual barang, lagi pula resiko kerugian pun juga sedikit dibanding harus menjual barang.

Menguasai Kemampuan Teknis, saya yakin sebagai mahasiswa baru tidak akan mungkin mendapatkan ilmu dengan cepat dan banyak dari tempat saya kuliah… untuk itu saya harus mendapatkan ilmu dan keterampilan teknis dari sumber lain. Kita dapat mengambil kursus singkat untuk menguasai ketrampilan teknis. Atau belajar dari buku-buku teks/cetak yang ada di perpustakaan atau membeli di toko buku (atau pinjam teman he..he..). Selain dari buku, sumber belajar terpercaya lainnya adalah dari Internet, banyak sekali literatur (berupa web dan e-book) gratis yang tersebar di dalamnya… Cobalah untuk mengidentifikasi ketrampilan yang dibutuhkan.. misalnya untuk menjadi desainer dan programmer web, Anda harus menguasai desain grafis (menggambar vektor dan mengolah bitmap), scripting HTML dan bahasa pemrograman web (seperti PHP dan ASP.Net) serta pengetahuan basis data (MySQL dan MS SQL).

Memiliki Modal Usaha, gunakan komputer di kamar kos untuk menjadi alat kerja sekaligus modal usaha Anda. Komputer yang ada dapat digunakan untuk belajar dan menghasilkan produk. Melakukan desain dan programming dapat dilakukan disini, selain itu dapat digunakan pula untuk membuat proposal bisnis dan proposal proyek dan mencetaknya menggunakan printer. Ngga punya printer yang bagus? Anda dapat memanfaatkan jasa cetak digital di sekitar tempat tinggal untuk mencetak dengan kualitas prima. Bagaimana dengan gaji karyawan? Ha..ha… dengan modal minim, terpaksa kita harus menjadi karyawan, direktur, sekretaris, customer service, programmer sekaligus sebagai marketing, namanya juga keterbatasan… :) 

Menghasilkan Produk dan Portfolio, agar orang lain yakin akan menggunakan jasa, syaratnya Anda harus memiliki produk yang bagus dan telah diaplikasikan secara riil di lapangan oleh pihak lain sebagai contoh. Dahulu saya sering sekali menerima proyek thank you (proyek terima kasih), dimana kita hanya dibayar terima kasih setelah menyelesaikan proyek. Tapi hal tersebut tidak saya sesali, yang penting adalah kerja keras dalam menghasilkan produk yang baik, mendokumentasikannya dan mengemasnya dengan tampilan profesional sebagai produk kita. Jangan malu untuk menawarkan jasa dengan murah di awal sebagai promosi Anda dan mengumpulkan portfolio karya Anda.

Melakukan Pemasaran, sekarang saatnya untuk mencari konsumen yang mau menggunakan jasa kita. Buat kartu nama yang keren kemudian sebarkan ke setiap orang yang potensial untuk menggunakan jasa kita, bahkan setiap orang yang ditemui :) . Cari konsumen terdekat yang ada di lingkungan komunitas kita, misalnya mahasiswa kakak kelas yang kebingungan membuat aplikasi untuk Tugas Akhirnya, atau perusahaan tempat orang tua kita bekerja,… referensi dari orang yang kenal kita dengan baik akan sangat membantu untuk mendapatkan proyek. Pasang iklan di koran lokal dan buat leaflet kemudian menyebarkannya juga sangat membantu memasarkan produk ini… Jangan lupa memberikan iming-iming promosi dengan potongan harga dan tambahan fitur serta layanan… hal ini akan menjadi nilai lebih dari usaha Anda.

Berdoa, hmmm ini yang tak kalah penting.. setelah berusaha maksimal maka kita perlu memohon kepada Allah S.W.T agar diberi kemudahan dan rizki. Kemudahan untuk menguasai kemampuan teknis dan rizki berupa proyek yang nantinya akan menambah modal usaha dan penghasilan serta dapat memberikan manfaat bagi yang lain. Melanggengkan ibadah wajib dan ibadah sunnah serta berniat bahwa usaha ini akan memberikan manfaat kepada diri Anda dan orang lain di sekitar Anda, pastilah kesemua ini akan didengar dan diberi imbalan yang setimpal… Jangan lupa kalau nanti sudah dapat proyek, sisihkan sebagian harta untuk orang lain yang membutuhkan… jangan khawatir harta Anda akan berkurang, karena Insya Allah harta yang telah diberikan akan diganti oleh Allah dengan jumlah yang lebih banyak… 

Oleh: Moh sahibi rotib
Share this article :
 
 

Copyright © 2011. HMI STAIN JEMBER - All Rights Reserved